Skip to content

Budidaya Patin – Manajemen Pakan Induk

June 15, 2009

Manajemen Pakan dalam budidaya ikan patin sangat mempengaruhi keberhasilan pembenihan. Pemberian pakan yang tepat akan menjaga induk patin tetap sehat dan membantu dalam proses pematangan gonad. Yang harus diperhatikan dalam budidaya patin adalah munculnya lapisan lemak tebal dalam rongga perut sehingga mengganggu dalam proses pemijahan. Pemberian pakan yang disarankan adalah pakan dengan kadar protein tinggi. Presentase pakan yang diberikan dengan menggakan pakan dengan protein antara 30 – 35% adalah 0,8 – 1,5% dari biomassa total.

2 Comments leave one →
  1. June 20, 2009 6:59 pm

    Wow ga Terasa Dah > 20000 Klik Semenjak saya memulai blog ini,
    Semoga Bisa Berguna Bagi Semua yang Membutuhkan Ya!

  2. agus permalink
    August 6, 2009 12:06 am

    sebagai informasi tambahan, pakan yang berprotein 30-35% yang sering digunakan ialah pakan dengan merk cargil vitality for broodstock, harga berkisar antara 9500-10.000/kg (kemasan 30 Kg)
    munculnya lapisan lemak pada perut disebabkan pakan yang diberikan memiliki kadar lemak maupun karbohidrat yang tinggi (misalnya roti, mie, dll)….
    pemberian vitamin maupun zat2 tertentu dalam pakan juga dapat membantu proses pematangan gonad, pada induk kerapu misalnya, pakan dicampur vitamin e, udang dan cumi untuk mempercepat pematangan gonad….untuk patin seharusnya hal ini juga dapat membantu pematangan gonad….namun yang sering digunakan ialah egg stimulant untuk ayam….

Leave a comment