Skip to content

Lemak

June 25, 2008

Lemak berfungsi sebagai sumber energi dan asam lemak esensial, membantu penyerapan dan pelarutan vitamin A,D,E dan K, mempertahankan daya apung tubuh ikan memelihara bentuk dan fungsi membran serta jaringan sel.

Lemak dibagi menjadi dua jenis yaitu lemak jenuh (yang tidak memiliki ikatan rangkap) dan lemak tak jenuh (yang memiliki ikatan rangkap). Kandungan lemak yang baik pada pakan ikan adalah berkisar antara 4-18 %. Kebutuhan setiap spesies ikan terhadap asam-asam lemak esensial berbeda-beda, hal ini disebabkan perbedaan habitat hidup. Ikan yang hidup di laut lebih membutuhkan asam lemak tak jenuh, sedangkan ikan air tawar membutuhkan lebih sedikit asam tak jenuh. Hal ini disebabkan karena ikan air tawar mampu memproduksi enzim desaturase yang mampu merubah lemak jenuh menjadi lemak tak jenuh dengan cara membentuk ikatan rangkap.

Dalam satu unit yang sama lemak memiliki kandungan energi yang lebih tinggi dari protein dan karbohidrat. Jika lemak yang dibutuhkan tercukupi maka protein yang dikonsumsi sepenuhnya akan digunakan untuk pertumbuhan. Dalam hal ini lemak juga berfungsi sebagai Protein Sparing Effect.

Lemak yang ditambahkan dalam pakan harus dihitung dengan cermat karena akan mempengaruhi kualitas pakan tersebut. Kadar lemak yang terlalu tinggi akan menyebabkan penyimpanan lemak pada tubuh ikan yang akibatnya terjadi penurunan konsumsi pakan dan pertumbuhan, degenerasi hati dam menurunkan kualitas ikan pada waktu panen.

asam lemak

contoh molekul asam lemak

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: