Skip to content

Endoparasit Pada Ikan Air Tawar

September 17, 2008

Yach sekarang waktunya ngomong yang berat berat dan sebenernya tentang sesuatu yang gue sendiri ga suka tetapi penyakit itu kan merupakan faktor yang sangat penting dalam budi daya!!!

Tanpa kendali yang baik pada penyakit siap siap aja lo merugi kalau mau budi daya ikan!!!

Endoparasit (parasit yang berada dalam tubuh ikan) yang mungkin menginfeksi ikan air tawar adalah dari golongan Metazoa. Dari golongan Metazoa yang mungkin menginfeksi ikan air tawar adalah filum Plathyhelminthes, Nemathelminthes dan Acanthocephala (Kabata, 1985).

Filum Plathyhelminthes

Dari filum Plathyhelminthes yang mungkin menyerang ikan air tawar, termasuk juga ikan konsumsi adalah Digenea (Kabata,1985).

Digenea

Digenea adalah trematoda endoparasit yang memiliki siklus hidup kompleks yang melibatkan satu atau lebih inang antara. Digenea umumnya berbentuk pipih seperti daun dengan struktur mirip turbelaria free living. Tubuh lunak dan terdiri 2 sucker, faring, kaekum intestinalis, sistem reproduksi. Bentuk dasar tubuh digenea dewasa bermacam-macam.

Digenea yang telah diketahui mendekati 400 genera dan sedikitnya 4000 spesies yang menyerang ikan. Parasit ini memperlihatkan inang spesifisitas yang tinggi terutama pada inang antara yang pertama dan pada inang akhir. Organ yang diserang pada inang akhir adalah organ internal seperti saluran gastrointernal dan organ yang berdekatan seperti hati dan empedu, paru-paru, gelembung renang serta saluran darah.

2.2.2 Filum Nemathelminthes

Dari filum Nemathelminthes yang mungkin menyerang ikan air tawar, termasuk juga ikan-ikan konsumsi adalah Nematoda (Kabata,1985). Nematoda sering juga disebut cacing “gilig”, biasanya kecil bila dibandingkan dengan cacing pipih, sehingga banyak diantara nematode adalah cacing yang mikroskopis (Nable dan Nable, 1989). Menurut Kabata (1985), nematode ini mempunyai tubunh panjang dan silindris dan dilindungi oleh lapisan kutikula yang kuat dibawahnya terdapat lapisan hypodermis. Sedangkan Noble dan Noble (1989) mengatakan bahwa cacing ini sangat aktif, ramping, biasanya kedua ujungnya runcing dan mempunyai mulut dan anus, jadi cacing ini mempunyai saluran pencernaan yang lengkap.

Ciri taksonomi terpenting dari Nematoda adalah terletak di bagian kepalanya, dimana mempunyai bentuk yang lonjong dan di dalamnya terletak ganglion kepala (Kabata, 1985). Saluran pencernaan Nematoda berupa tabung sederhana terdiri dari sel-sel yang tersusun dalam lapisan tunggal. Mulut menuju kapsula bukali, kemuduan ke esophagus yang berotot yang selanjutnya ke usus. Anus terdapat hamper di ujung posterior cacing dan sebuah pelebaran yang dinamakan rectum terletak tepat di ujung anterior usus. Makanan nematode terdiri dari jaringan-jaringan hospes darah atau pemotongan jaringan dari usus hospes dan akhirnya dicerna (Noble dan Noble, 1989).

Dalam perkembangan hidupnya, nematode menggunakan ikan sebagai inang definitive maupun sebagai inang antara dari siklus hidup Nematoda. Dari empat tingkatan larva, keempat merupakan stadia infektif teerhadap inang definitif (Kabata, 1985).

Filum Acanthocephala

Pada ikan air tawar, parasit metazoan yang mungkin menyerang adalah dari Acanthocephala, dimana filum ini semuanya merupakan parasit. Bentuk tubuh luar yang dapat dikenali dari Acanthocepala adalah adanya proboscis, leher dan trunk (Kabata, 1985). Sedangkan menurut Noble dan Noble (1989), filum Acanthocephala ini disebut cacing kepala berduri karena adanya kait-kait mirip duri pada probosisnya (acanth berarti duri dan cephala berarti kepala). Acanthocephala merupakan caing yang berbentuk silinder, agak pipih dan mempunyai proboscis yang dapat dimasukkan dan dikeluarkan dari tubuhnya yang berada di ujung anterior tubuh (Kabata,1985).

Untuk mengidentifikasi spesies dari Acanthocephala adalah jumlah dan susunan kait pada probosis. Probosis berbentuk bulat atau silindris, dilengkapi baris-baris kait atau spina yang membengkak yang berguna untuk melekatkan tubuh cacing tersebut pada usus inangnya (Noble dan Noble, 1989).

One Comment leave one →
  1. October 26, 2008 2:47 pm

    kurang lengkap data lo…… Ex : Gambar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: