Skip to content

Budidaya laut yang berwawasan lingkungan

February 1, 2009

Budidaya laut yang berwawasan lingkungan
PRAKATA
Guys, rasanya lama banget gue gak ngisi nich blog. Yups, gue mau nulis tentang marine kultur yang sekarang ini baru mulai dikembangkan. Banyak bahan tulisan gue terinspirasi dari artikel yang judulnya “sustainable marine awuaculture”
Marinecultur-pengantar
Apakah anda mengetahui bahwa sekarang ini laut terutama sumber daya ikan telah diekploitasi habis – habisan sehingga mengalami overfishing? Overfishing atau yang saya artikan sebagai kelebihan penangkapan adalah keadaan dimana jumlah ikan yang ditangkap tiap harinya sudah lebih banyak dari kemampuan alam untuk menghasilkan ikan baru. Contohnya gini : misalnya di laut Jawa kemampuan produksi ikan Tongkol secara alamiah adalah 10 ton per-hari tetapi karena banyaknya permintaan pasar sehingga nelayan tumplek blek di laut Jawa yang menyebabkan setiapharinya ditangkap ikan tongkol sebanyak 20 ton. Jika keadaan itu dibiarkan terus menerus maka ikan tersebut ngga punya cukup waktu buat bereproduksi untuk melestarikan jenisnya. Efek jangka pendek yang muncul adalah ikan makin susah ditangkap karena makin lama tapi kalau udah kayak gitu masih terus terus diakalin buat diekploitasi maka efek jangka panjang yang muncul adalah ikan di laut tersebut bakalan pada musnah!!!!
Nah setelah tau efek jeleknya kayak gitu mungkin lo bakalan bertanya – tanya kenapa masih ada orang yang terus terusan mengesploitasi laut kita secara berlebih? Jawabannya karena pemintaan pasar itu selalu ada. Lagi lagi gue mau ngasih contoh sadar ngga kalau permintaan seafood tiap harinya dari berbagai konter itu gede banget dan jika ada permintaan maka akan ada keuntungan disitu! Nah lo semua lagi lagi kembali ke prinsip ekonomi!!! Ha..3x
Mungkin lo juga mau ambil praktisnya aja misalnya dengan cara tuch laut di tutup untuk sementara dulu sampai ekologinya baek lagi! Nah lo, kalau cara seperti itu diterapkan ke nelayan lo bisa dimaki maki (masih mending rumah ma kantor ga’ di bakar!!!). Pikiran mereka belum sampai ke tingkat ekologi dan lingkungan!!! Kalau lo tutup laut mereka mereka mau makan apa? Cara ini terlalu ekstrim bro!
Kenapa marineculture ? marineculture merupakan sistem akuakultur yang dilakukan di laut. Nah dengan marineculture ikan yang sebelumnya ditangkap dapat diproduksi dalam lingkungan terkontrol. Kelebihan dari sistem marinecultur dibanding penangkapan adalah jumlah panen dapat diperkirakan dan sistem kontrol terhadap produksi dapat lebih mudah diterapkan. Sejauh mana kontrol bisa diterapkan itu sangat bergantung pada kemampuan orangnya!
Masalah dalam marine cultur ada buanyak buanget! Mulai dari kurangnya SDM dan ketersediaan teknologi. Padalah jika masalah teknis dapat dilewati peluang yang terbuka sangat besar loh!!!
Berhubung ini hanya pengantar maka gue ga bahas dalam – dalam. Bahasan yang lebih dalam lo bisa simak terus di Blog ini!!
Keep Watching My Blog!!!!!

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: