Skip to content

Cara Menyusun Filter

February 1, 2009

Guys, gw mau ngomong soal filter. Lo tau ga sich apa itu filter? Dalam dunia akuakultur filter itu adalah alat yang digunakan untuk menyaring air dengan tujuan memperbaiki kualitasnya agar bisa dipakai lai (Perwira : 2008). Nah sistem filter sendiri merupakan kumpulan dari berbagai part (bagian) yang memiliki fungsi spesifik. Inti sarinya lo apalin aja dah pembagian filter yang gw kasih ini dan kegunaannya ya!
Bagian Bagian Sistem Filtrasi :
1. Filter Fisik
Filter fisik ini cara kerjanya sama seperti saringan teh yang sering lo pakai di dapur. Cara kerja bagian ini adalah mencegah molekul makro lewat. Dalam akuarium molekul makro itu biasanya tampak mata kok!!!! Contoh molekul makro itu adalah Sisa pakan, Sisa feces ikan dll. Nah karena lo dah ngerti inti sari filter ini so lo harusnya bs kreatif nentuin bahan filter ini, lo bisa aja beli kasa akuarium di toko ikan tapi lo juga bisa aja secara kreatif memasukan cangcut yang dah sobek sebagai filter fisik. He3x… Be Kreatif Guys!!!
2. Filter Kimia
Nah setelah di filter fisik kan masih ada partikel – partikel yang super kecil tetep kebawa air tuch maka selanjutnya ini saat filter kimia mengambil alih. Bahan yang digunakan dalam filter kimia ini adalah zeolit atau arang aktif. Fungsi dari kedua bahan itu adalah mengikat zat mikro dan racun yang masih terlarut contohnya nitrit, nitrat maupun amoniak. Buat detail cara ngikatnya ga mau gw jelasin disini ah! Oh ya lo bisa dapetin zeolit di toko bahan pertanian atau toko perikanan. Ada berbagai ukuran zeolit yang dijual mulai dari sekuran tepung ampe yang seukuran batu kali jadi bijaklah dalam memilih ya!!! Trus kalao areng aktif bisa juga lo ganti sama arang skam atau areng yang laen, gw sendiri sich lebih suka pake areng batok kelapa. He3x… yang terakhir perlu lo inget filter kimia ada kadaluarsanya loh!!!
3. Filter Biologis
Oke setelah air di filter 2 kali selanjutnya tugas bakteri buat mengurai amoniak. Inti dari filter biologis adalah menyediakan substrat yang lebih luas untuk tempat tumbuhnya bakteri. Nah lo bisa dapetin filter ini di toko berupa bioball atau keramik tapi lo juga bisa kreatif contohnya pakai potongan potongan botol akua bekas!!! Kreatif dikit dech!!!
4. Disinfektan (Optional)
Nah kalo lo perhati’in nich filter gw kasih tanda “(optional)” ini karena filter ini emang jarang digunaain kalo lo bikin akuarium display. Filter ini banyak digunakan dalam sterilisasi air. Lo bakal pakai filter ini kalau lo bikin usaha pembenihan udang atau akuarium segede seaworld. Kerja dari filter ini adalah setelah air di filter dengan ketiga filter diatas maka seluruh bakteri yang ada di air dimatikan. Nah cara mematikan bakteri ini bisa berbagai cara mulai dari diberi zat kimia, dipanaskan atau di radiasi. Cara yang paling umum digunakan adalah menggunakan radiasi sinar UV.
Nah udah segitu aja dech yang perlu gw omongin ama elo soal filter. Kalo lo Minat ama akuakultur yang kayak gini harus lo ngerti’in bener bener di luar kepala!!!!
Regard,
Perwira

One Comment leave one →
  1. eri permalink
    May 26, 2010 12:55 pm

    boleh minta gambaran filternya?
    kirim di email ya!
    makasih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: