Skip to content

Filter Samping

February 1, 2009
tags:

Sistem filter samping adalah yang banyak digunakan. Kelebihan dari sistem filtrasi ini adalah, kotoran di bagian bawah dapat tersedot. Serta kemudahan mengganti media filter. Namun kekurangan dari sistem ini adalah sulitnya membersihkan kotoran-kotoran yang menempel di dinding kaca. Hal tersebut disebabkan karena sempitnya ruang gerak dan cukup dalam. Kelemahan lainnya adalah, aquarium kurang indah dipandang karena aquarium terlihat jelas dari depan terbagi menjadi 2 bagian.

Media yang digunakan dalam sistem filter samping diurutkan dari atas ke bawah adalah filter fisik, kimia dan biologis. Filter fisik yang digunakan adalah kasa, filter yang kimia yang digunakan adalah zeolit dan arang aktif serta filter biologis adalah bioball, potongan pralon atau potongan botol aqua. Disarankan pada lapis paling atas gunakan kasa yang cukup tebal lalu berikutnya antara lapisan filter batasi dengan kasa juga. Hal ini berguna untuk mempermuadah saat pembongkaran akuarium dan mengoptimalkan kegunaan filter

Yang harus diperhatikan dari filter samping adalah pompa yang anda gunakan. Gunakan pompa yang sesuai dengan ukuran akuarium anda karena daya hisap dari filter ini sangat dipengaruhi oleh debit pompa. Jika pompa terlalu besar maka daya hisap akan sangat tinggi sehingga salah – salah akan menghisap ikan yang anda pelihara terutama ikan yang berukuran kecil seperti neon tetra.
untitled

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: