Skip to content

Hormon steroid

February 1, 2009

Hormon steroid berasal dari kolesterol dan berstruktur inti perhidrosiklopentanolfenantren yang terbagi atas tiga cincin sikloheksana. Senyawa steroid terdapat pada hewan, tanaman tingkat tinggi bahkan terdapat pula pada beberapa tanaman tingkat rendah seperti jamur (fungi). Steroid banyak terdapat di alam tetapi dalam jumlah yang terbatas dan mempunyai aktivitas biologis, yang mempunyai karakteristik tertentu yaitu seperti 1) substitusi oksigen pada atom C-3 yang merupakan sifat khas steroid alam 2) subsitusi gugus metil angular pada atom C-10 dan C-13 yang dikenal dengan atom C-18 dan C-19, kecuali pada senyawa steroid dengan cincin A berbentuk benzenoid, seperti pada kelompok esterogen. Mendengar kata steroid, anabolic steroid, obat perangsang meningkatnya metabolisme hormonal tubuh manusia sehingga menjadi lebih kuat. Steroid ini di dalam dunia olahraga sering menimbulkan kontroversi, mengingat prestasi seseorang dapat meningkat dengan mengkonsumsinya, sementara di pihak lain, konsumsi steroid dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan manusia. Baik yang terdapat di tumbuhan maupun di hewan, merupakan hormon yang larut dalam lemak, dan mempunyai struktur basa tetrasiklo. Struktur basa memiliki empat cincin yang saling terpaut dan terdiri dari tiga cincin sikloheksan dan dan siklopentan tersintesis dari asetil CoA melalui jalur asam mevalonik di dalam metabolisme sel tumbuhan. Perbedaan pre-kursor di jalur asam mevalonik, dalam biosintesis steroid pada tumbuhan dan hewan menghasilkan produk steroid yang berbeda, pada tumbuhan menghasilkan brassinolide dan pada hewan menghasilkan kolesterol, dan yang lain lagi pada cendawan menghasilkan ergosterol.

Hormon Steroid

Hormon Steroid

Secara rinci beberapa fungsi steroid adalah sebagai berikut :

* meningkatkan laju perpanjangan sel tumbuhan
* menghambat penuaan daun (senescence)
* mengakibatkan lengkuk pada daun rumput-rumputan
* menghambat proses gugurnya daun
* menghambat pertumbuhan akar tumbuhan
* meningkatkan resistensi pucuk tumbuhan kepada stress lingkungan
* menstimulasi perpanjangan sel di pucuk tumbuhan
* merangsang pertumbuhan pucuk tumbuhan
* merangsang diferensiasi xylem tumbuhan
* menghambat pertumbuhan pucuk pada saat kahat udara dan endogenus karbohidrat.

DAFTAR PUSTAKA

Hanani, E, Mun’im A, Sekarini, R. Identifikasi Senyawa Antioksidan Dalam Spons Callyspongia Sp. Dari Kepulauan Seribu. Majalah Ilmu Kefarmasian, Vol. II, No.3, Desember 2005, 127 – 133. Departemen Farmasi, FMIPA-UI, Kampus UI Depok 16424.

4 Comments leave one →
  1. AdiT HeRRY permalink
    February 1, 2009 6:47 pm

    kayaknya hormon ini deh yang sering dipake buat dopping..
    hehe..sotoy dikit..
    salam kenal, main ke “rumah” donk..

  2. February 4, 2009 4:06 pm

    yups ini hormon yang bisa di pake buat dopping ma besarin otot binaraga, tapi harus dipake dengan hati hati cos punya efek samping

  3. ikay permalink
    January 25, 2010 2:11 am

    kl cw mengkonsumsi steroid efek apa?gw ngegym.biar kuat aja n badan cepet jd.bukan biar berotot sih.biar kenceng aja.thanks ya

    • January 25, 2010 6:23 am

      hallo ikay,
      hormon steroid apa nich?
      saya mau share pengalmana ajah. temen ada yang ngegym dengan ditambah bantuan hormon, suplemen dll. emang hasilnya cepet banget. 2 bulan juga udah kebentuk tuch otot setelah dia berhenti langsung dech tu otot turun semua.
      nah temen yagn satu lagi dia ngebentuk otot tanpa bantuan hormon apa apa.lama banget ngebentuknya. paling ngga 6 bulan baru muncul hasilnya dan setahun baru bagus badannya tapi waktu dia sempet kecelakaan dan ga bisa latihan 6 bulan pun badannya tetep oke.

      so, saran saya sabar aja. kalau ga mau badan berotot tapi pengen untuk kesehatan mending ga usah pake hormon sterorid. salah salah kalau di kasih testosteron berlebih kamu jadi kumisan lagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: