Skip to content

Preparasi Nukleous

February 1, 2009
tags:

Nukleous atau yang disebut juga anak inti merupakan organel yang memiliki peran dalam mengatur pembelahan sel dan sintesa ribosom. Penentuan tingkat ploidi dilakukan dengan perhitungan tidak langsung yaitu perhitungan nukleolus.
Tingkat plodi dari suatu spesies penting untuk diketahui terkait dengan rekayasa genetik yang akan dilakukan. Tingkat ploidi ikan dapat dihitung dengan metode penghitungan jumlah nukleolus dengan pewarnaan perak nitrat.
Jaringan sirip dan insang dari ikan uji yang masih hidup dipotong kemudian difiksasi dalam larutancarnoy selama 60 menit dengan penggantian larutan carnoy setiap 30 menit. Selanjutnya proses dapat dilanjutkan atau dapat dihentikan dengan menimpan jaringan yang telah direndam dalam larutan carnoy tersebut dalam refrigerator dengan suhu 40C. Jaringan tersebut dapat digunakan sampai 2-3 minggu. Jaringan diambil dan dikeringkan dengan menyentuhkan kertas tissue agar larutan fiksatif hilang. Jaringan ditempatkan dalam gelas obyek cekung dan ditambahkan dengan 3-4 tetes asam asetat 50%. Jaringan digerak-gerakkan secara hati-hati dengan menggunakan pisau bedah hingga terbentuk suspensi sel. Suspensi sel tersebut dihisap dengan pipet tetes lalu teteskan diatas gelas preparat yang telah direndam dalam alkohol absolut dan ditempatkan di atas hot plate dengan suhu 45-500C kemudian hisap kembali dengan cepat hingga terbentuk 3 buah ring. Selanjutnya preparat diwarnai dengan menggunakan perak nitrat dengan cara diteteskan di atas preparat lalu dicampur dan disebarkan ke seluruh permukaan gelas preparat dengan menggunakan tusuk gigi. Preparat ditempatkan dalam box staining dengan suhu 40-45oC dibiarkan selama 20 menit atau sampai warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan. Preparat diangkat dan dibilas dengan akuades dan dibiarkan kering udara. Kemudian Preparat diamati di bawah mikroskop.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: