Skip to content

Cat Enamel

January 26, 2010
avian enamel paint

avian enamel paint

Pengumuman: Website ini telah di non aktifkan. Untuk membaca lebih

banyak artikel tentang Gundam Plastik Model

Lebih banyak Artikel Klik Disini

Enamel – Cat enamel merupakan salah satu cat yang paling tua dan pertama ditemukan. Cat enamel menggunakan solvent yang berasal dari mineral dan turunan bensin, lama sekali mengering. Cat enamel butuh waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan untuk mengering sepenuhnya. Permukaan model kit yang dicat dengan enamel bahkan cenderung lebih lembek bila dibandingkan cat lacquer. Tetapi mereka dapat dipoles dengan baik saat benar-benar kering.

Cat enamel cenderung menghasilkan lapisan tebal dan ‘lari’ dari permukaaan dengan mudah sehingga kurang cocok diterapkan menggunakan teknik Air Brust.

Dari segi kesehatan cat enamel tidak terlalu berbahaya. dari segi kegunaan turunan Bensin yang menjadi solvent dari cat enamel juga tidak merusak plastik.

Cat enamel sebenarnya lebih baik bila diaplikasikan dengan kuas karena lebih kental dan lebih lama mongering dibanding lacquer atau acrylic. ini memberikan anda waktu untuk menyapukan kuas lebih lama untuk menghasilkan permukaan cat yang baik. Cat enamel juga mengikuti arah sapuan kuas anda, berbeda dengan acrylic yang meluncur ke segala arah dan tidak rata keringnya jika di kuas.

Cat enamel diencerkan dengan mineral dan lacquer thinner yang sudah disebutkan di atas, disamping dengan thinner yang direkomendasikan produsen cat. Cat enamel diantaranya: Testors, Testors Model Masters, and Humbrol. untuk alternatif hemat dalam modeling cat enamel sebenarnya juga bisa diencerkan dengan thinner impala atau isi zippo. saya sendiri lebih senang menggunakan zippo sebagai pengencer karena lebih cepat kering.

Untuk modeliing anda bisa memperoleh cat enamel khusus dengan merk seperti Tamiya atau Mr. Hobby. cat tersebut tersedia di toko hobby.  untuk alternatif anda bisa menggunakan cat merk Avian yang bisa diperoleh di banyak toko besi. Cat alternatif ini harganya berkisar antara 2000 – 2500/warna dalam ukuran kecil. ini jauh lebih murah dibandingkan cat khusus yang dibandrol antara 20.000 – 35.000/warna.

terimakasih sudah mampir,
saya akan sangat menghargai dan senang jika anda meninggalkan komentar di blog ini

10 Comments leave one →
  1. February 14, 2010 10:12 am

    mas, kalau cat yg tembus cahaya, untuk neon box itu cat jenis apa mas? saya pakai cat biasa, tidak tembus cahaya..

  2. Denny permalink
    April 13, 2010 1:18 pm

    Mas, kalo cat enamel yang avian itu nanti thinnernya yg bagus (cocok) pake apa? Apa pake isi zippo juga? Ato bisa thinner yg biasa dijual di toko bangunan? Satu lagi mas, kalo cat enamel avian apa ada warna yang flat/matte dan untuk efek weathering? terimakasih sebelumnya

  3. randy permalink
    September 20, 2010 12:35 am

    Testors Model Masters:
    -bro, tau t4 yg jual Testors Model Masters di kota Jogja ga yah? thx

  4. oscar permalink
    November 30, 2010 3:54 pm

    Terima kasih banyak atas ulasannya Perwira, kira-kira kalo cat Kuda Terbang itu enamel atau bukan ya? di kalengnya cuma ada tulisan ‘ synthetic paint’.

    • January 19, 2012 10:56 pm

      Biasanya cat – cat besi yang di jual di toko – toko bangunan itu enamel mas

  5. blite22 permalink
    July 1, 2011 4:59 am

    thanks mas ilmunya🙂 di google nomer satu.ni bahas mokit pulak.😀 mantap.tambah ilmunya terus mas..makasi ya

    • January 19, 2012 10:54 pm

      di blog baru kojack.net
      nanti saya share Destiny yang saya cet pake Avian dech gan😀

  6. Aky RioS permalink
    July 8, 2011 7:19 pm

    Mas bro, cat avian itu efeknya dof,semi glossi , ato glossi yo? trus seblumnya dicat dasar dulu g?pake cat avian juga? bisa liat mokit hasil karyanya yang udah di repaint pake avian..
    ingin coba tapi kok harus liat dulu hasilnya situ…ni solusi termurah dan harus dicoba, klo bisa tutorialnya ditampilkan mas bro step by step….wookeeeh..
    matur suwun,atas inponya mas bro..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: